Jangan Simpan 8 Makanan Ini Kedalam Freezer - Catatan Anjos
Info Lainnya
Loading...

Rabu, 13 Mei 2020

Jangan Simpan 8 Makanan Ini Kedalam Freezer


Lemari pendingin atau yang lebih dikenal lebih umum dengan sebutan kulkas, saat ini sudah seperti kebutuhan wajib bagi rumah tangga. Penggunaannya untuk menyimpan makanan dan bahan makanan agar lebih tahan lama.

Didalam kulkas ada satu bagian yang digunakan sebagai pembeku, bagian tersebut dinamai freezer. Suhu pada Freezer memang lebih rendah dari bagian lainnya, sehingga bagian tersebut memang dikhusukan untuk membekukan. Sehingga bahan makanan yang dibuat didalam itu, lebih tahan lama. Meski tujuannya membuat makanan lebih tahan lama, sebaiknya jangan masukkan 8 makanan ini kedalam Freezer.

1. Telur
Telur mentah sangatlah tidak boleh dimasukkan kedalam freezer. Meski masih memiliki cangkang, cairan didalam telur akan membeku. Akibatnya cangkang bisa retak dan isinya bisa akan tumpah. Freezer pun bisa menjadi amis.  

Bahkan sebaiknya pun telur jangan disimpan didalam kulkas. Cukup di simpan dengan suhu ruangan agar dampaknya lebih sehat dari pada disimpan didalam kulkas.

2. Nasi
Menyimpan nasi kedalam freezer memang terasa sangat konyol. Belum diketahui apakah ada yang pernah melakukannya. Jika menyimpan nasi kedalam freezer dipastikan akan mengurangi kualitas nasi dan membuatnya menjadi hambar. Karena nasi yang ada didalam pemanas saja, jika lebih dari satu hari. Rasanya sudah berubah, bahkan ada yang sudah mengeluarkan bau.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung air yang tinggi. Sehingga ketika dimasukkan kedalam freezer, sayur pasti akan menjadi keras. Lalu saat akan digunakan, sayur akan menjadi layu dan basah. Kesegarannya pun menjadi berkurang. Jika sudah sempat membuat sayur didalam freezer, sebaiknnya sayur tersebut dibuat saja menjadi jus.

4. Daging matang
Daging matang tentu telah melalui proses olahan, bahkan bisa bercampur dengan berbagai bumbu. Jika daging mentah akan terjaga kualitasnya saat  dibuat di freezer, maka berbeda dengan daging matang.

Daging matang lebih mudah terkontaminasi dengan bakteri, karena telah diolah dengan berbagai bumbu. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan bagi bahan makanan lain yang berada di dalam kulkas.

5. Kentang
Kentang merupakan umbi yang memiliki kandungan air yang banyak. Membuatnya di freezer akan menyebabkan kentang menjadi beku sehingga akan mengolahnya saat dibutuhkan.

6. Kacang
Kacang cenderung menyerap semua bau yang ada didalam freezer. Saat setelah beku dan ingin digunakan nantinya, kondisi pada kacang akan terjadi pengembunan. Akibatnya kacang akan kehilangan rasa.

7. Makanan Kaleng
Hampir semua makanan kaleng berisi cairan. Oleh karena itu menyimpan makanan kaleng yang belum dibuka kedalam freezer, bisa membuat cairan didalamnya menjadi beku. Pada proses pembekuan tersebut bisa menyebabkan cairan mengembang, sehingga merusak kaleng hingga bocor dan isinya membanjiri freezer.

8. Keju
Bahan makanan yang terbuat dari susu ini, sebaiknya dihindari untuk dibuat dalam freezer. Karena keju beku akan menyebabkan teksturnya lebih padat dan berat. Apalagi tak perlu menyimpan dalam freezer, Keju bisa bertahan berbulan-bulan jika penyimpanannya dengan benar.

Itulag 8 makanan yang sebaiknya jangan disimpan dalan Freezer.

Bagikan di :

1 komentar

  1. Saya kira dgn masukkan telur, daging matang, kentang dan sayur jd segar dan tahan lama klo dmasukkan kdlam freezer.

    Jd paham stlah baca artikelnya bg. Mksh infonya, sgt brmanfaat.

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done