5 Hal Yang Dapat Dilakukan Selama Diam Dirumah - Catatan Anjos
Info Lainnya
Loading...

Sabtu, 11 April 2020

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Selama Diam Dirumah

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona virus disaese 2019 (covid-19), pemerintah memberlakukan pembatasan sosial dengan menghimbau masyarakat agar diam dirumah. Bahkan para pekerja kantoran pun, harus bekerja dari rumah.

Bagi sebagian orang yang biasa melakukan aktivitas rutin diluar rumah, akan sangat merasa bosan jika hanya diam dirumah. Oleh karena itu perlu ada aktivitas selama diam dirumah, inilah 5 hal yang dapat dilakukan selama diam dirumah :

1. Perbaiki Gaya Hidup

Berkurangnya aktivitas diluar rumah tentu membuat kita punya waktu sementara untuk memperbaiki gaya hidup yang kurang baik selama ini. Salah satunya adalah tentang mengkonsumsi makanan. Aktivitas yang begitu padat saat berada diluar rumah, sering sekali memaksa untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Meski telah mengetahu bahwa makanan cepat saji tersebut tidak memberikan dampak yang baik terhadap tubuh. 

Dengan berada dirumah saja, pemilihan makanan untuk dikonsumsi menjadi lebih baik. Kita bisa mengkonsumsi berbagai sayur yang kaya akan serat, agar sistem pencernaan lebih baik.

Selain itu, bagi yang menjalankan program diet. Diam dirumah seharusnya memberikan kontrol penuh tanpa godaan atas diet yang dijalankan.

2. Mendekorasi Ulang Rumah

Rumah sebagai tempat tinggal yang selalu memberikan kenyamanan tentu dambaan setiap orang. Kepadatan aktivitas sering sekali membuat pemilik rumah tidak pernah merubah dekorasi. Akibatnya para penghuninya bisa merasakan bosan. 

Dengan berdiam dirumah, tentu memberikan kesempatan untuk mendekorasi ulang bagian-bagian rumah yang dirasa terlihat membosankan. Sementara untuk mendapatkan ide-ide dekorasi yang menarik. Kita bisa mengunjungi Style Warnabiru.com . Berbagai cara mendekorasi bagian-bagian rumah ada disitus tersebut. 

Salah satunya adalah mendekorasi teras rumah dengan bunga atau mendekorasi kamar dengan lampu LED

3. Membaca Buku

Tentu tidak semua orang suka melakukam aktivitas yang satu ini. Namun membaca buku, mampu memberikan kita informasi ataupun hiburan. 

Jika buku yang kita baca pas dihati, akan banyak waktu yang bisa dipergunakan melahap semua isi buku. Namun jika tidak pas dihati, pada lembaran kedua, bisa saja buku yang ada sudah terletak dibawah meja.

Oleh karena itu, sebelum membaca buku. Pastikan dulu buku yng akan dibaca sesuai minat. Jika suka dengan sejarah, bacalah buku-buku sejarah atau biografi para pejuang kemerdekaan.

4. Bermain Dengan Anak

Sebelum diberlakukannya pembatasan sosial, terkadang para orang tua memiliki waktu yang sedikit untuk bersama dengan anak. Itu adalah hal yang lumrah, mengingat aktivitas pekerjaan yang begitu sibuk. Bahkan akhir minggu pun terkadang bisa terpakai untuk pekerjaan.

Daripada mengalami kebosanan, bermainlah dengan anak, terutama bagi keluarga yang masih memiliki anak usia balita. Selama bermain, cobalah menghindari penggunaan gawai. Karena dalam suasana bermain tersebut akan ada banyak hal menghibur yang bisa dipertunjukkan anak. 

5. Berkomunikasi Dengan Kerabat

Jarak tempat tinggal yang jauh dengan kerabat tentu saja membuat kita tidak bisa bertemu sesering mungkin. Ditambah aktifitas pekerjaan yang padat, komunikasi pun tidak dapat sering dilakukan, meski peralatan komunikasi sudah semakin canggih.

Saat - saat banyak waktu berdiam diri dirumah saat ini, berkomunikasi dengan kerabat dapat membangun hubungan emosional menjadi lebih akrab lagi. Disamping itu berkomunikasi di musim wabah ini dapat memastikan kerabat kita masih dalam keadaan baik-baik saja. Juga dapat membantu pemerintah menyampaikan beberapa himbauan dan menangkal berita-berita yang tidak benar.

5 hal yang dapat dilakukan selama berdiam diri dirumah tersebut dapat menghilangkan rasa bosan yang sudah mulai menyerang setiap individu saat ini. Karena masa berdiam dirumah sudah semakin panjang dan belum diketahui kapan akan berakhir.

Bagikan di :

14 komentar

  1. Harus bisa mengatur waktu dan mencari kegiatan yang positif selama di rumah aja ya k biar ga jenuh dan bosan. Saya jadi kepikiran mendekorasi rumah, paling ga kamar lah yaa. Makasih k sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba mungkin dekorasi ruangan tertentu aja seperti kamar

      Hapus
  2. yang paling banyak aku lakukan adalah bermain dengan anak-anak dan masak, hahaha. Kalau baca buku sebelum tidur aja dan internet enggak pernah mati nih biar gak mati gaya, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermain bersama anak selama diam dirumah ini. Pasti jadi membuat kita mengetahui, bahwa ada banyak hal yang selama ini tidak kita ketahui tentang tingkah2 lucu mereka

      Hapus
  3. Selama di rumah selain tetep kerja alias WFH lebih sering baca buku, ngabisin kue yang dibikin anak-anak, hehehe. Plus bulu tangkis di depan rumah.

    BalasHapus
  4. Keren ini tipsnya, kalau rebahan sepanjang minggu juga badan jadi gak enak. Jadi emang harus ada kegiata yang produktif atau bermanfaatlah untuk kita dan orang disekitar

    BalasHapus
  5. Gaya hidup kami di rumah beneran berubah bang, hahaha. Jadi lebih sering makan.. wkwkwk.

    Cuma dekorasi ulang rumah yang gak sempat dilakukan. Karena anak-anak belajar daring, yang bikin gak sempat ngapa-ngapain lagi..

    BalasHapus
  6. Aku sekarang mengeksplor (gaya banget bahasanya) resep2 masakan Bang. Masih yang gampang2 sih. Bahannya harus gampang biar bisa dibeli di tukang sayur, gak harus ke supermarket hehe lumayan juga sih hemat di budget, tapi capeknya ya ampun 😅😅

    BalasHapus
  7. Memperbaiki gaya hidup itu udah jadi kewajiban di masa-masa stay at home ini ya mas. Manfaat yg saya rasakan selama sebulan lebih di rumah ini adalah hidup lebih hemat. Hahahaha. Lebih senang masak. Jarang beli makan di luar karena takut keluar rumah. Mau delivery pun mikir-mikir, atau kalo pengen banget ya sesekali saja.

    BalasHapus
  8. Nah bener banget kak, banyak hal yg bisa dilakukan selama diam dirumah ya..point yg bermain bersama anak bisa merekatkan kembali hub.ortu dan anak ya kak..bagus nih tipsnys

    BalasHapus
  9. Jika kita mau,,banyak hal positif yang bisa kita lakukan ya kak di masa harus banyak tinggal di rumah gini..saya juga mulai mengerjakan sesuatu yang selama ini tidak saya lakukan. Salah satunya bertanam ..

    BalasHapus
  10. Walau saya sudah terbiasa kerja di rumah, karena saya freelance, memang terkadang bosan juga, Mas. Dan benar sekali semua tipsnya, Mas Andi. Jadi walau sikon seperti ini, pasti banyak hal-hal bermanfaat yang bisa kita lakukan ya. Kerja di rumah, tapi tidak bosan., dan tetap happy.

    BalasHapus
  11. Say amemilih membangun kebun mini dan mendekor ulang rumah. Capeknyaaaaa.... masyaAllah. Tapi saya butuh menyalurkan energi agar tetap santuy menghadapi kenyataan eh pembatasan ini.

    BalasHapus
  12. Semua ini kulakukan Bang..memang ada hikmahnya diam saja di rumah ya. Terutama main sama anak yang biasa mereka sesiangan sekolah dan rapi-rapi rumah.

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done