Ciri Guru Profesional Menurut Mendikbud - Catatan Anjos
Info Lainnya
Loading...

Minggu, 07 Oktober 2018

Ciri Guru Profesional Menurut Mendikbud


Jakarta - Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menyampaikan 3 ciri seorang guru profesional. Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan pada Lokakarya Nasional dalam Rangka Hari Guru Sedunia 2018, Selasa (2/10/2018), di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Menurutnya ciri tersebut adalah memenuhi aspek kompetensi inti (expertise), tanggung jawab sosial (social responsibility), serta kesejawatan (esprit de corps).

"Ketiga aspek itu selaras dengan apa yang diungkapkan akademisi ternama Samuel Huntington," ucapnya, seperti dikutip dari kompas.com

Untuk memenuhi aspek kompetensi mumpuni, lanjut Muhadjir, guru mesti dilatih seprofesional mungkin.

Sementara itu, guna memenuhi unsur tanggung jawab sosial, kehadiran guru seyogianya memberi dampak bagi siswa maupun masyarakat.

"Terakhir, guru sebagai pekerja profesional mestinya bergabung dengan sesama rekan profesinya, agar dapat saling mengasah kecakapan. Seperti dokter, yang mana mereka turut memiliki asosiasi tersendiri," kata Muhadjir.

Lokakarya guru tersebut diselenggarakan untuk memperingati hari guru sedunia yang jatuh setiap 5 Oktober. ajang itu dinilai mampu meyakinkan para guru bahwa mereka berperan penting untuk generasi muda.

Bagikan di :

Tinggalkan Komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done