Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar - Catatan Anjos
Info Lainnya
Loading...

Rabu, 23 Mei 2018

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar digolongkan menjadi dua yaitu faktor ekstern dan faktor intern.Faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar diri individu tersebut, sedangkan faktor intern yaitu faktor yang berasal dari dalam individu tersebut.

Dimyati dan Mudjiono dalam bukunya yang berjudul Belajar Dan Pembelajaran mengemukakan bahwa faktor intern yang dialami dan dihayati oleh siswa yang berpengaruh pada proses belajar sebagai berikut:

1) Sikap terhadap belajar. Sikap merupakan kemampuan memberikan penilaian tentang sesuatu, yang membawa diri sesuai dengan penilaian. Adanya penilaian tentang sesuatu, mengakibatkan terjadinya sikap menerima, menolak, atau mengabaikan. Siswa memperoleh kesempatan belajar. Meskipun demikian, siswa dapat menerima, menolak, atau mengabaikan kesempatan belajar tersebut.
2) Motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Motivasi balajar pada diri siswa dapat menjadi lemah. Tidak adanya motivasi belajar maka melemahnya kegiatan belajar dan hasil belajar rendah.
3) Kosentrasi belajar. Kosentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian.
4) Mengolah bahan belajar. Mengolah bahan belajar merupakan kemampuan siswauntuk menerima isi dan cara pemerolehan ajaran sehingga menjadi bermakna bagi siswa.
5) Menyimpan perolehan hasil belajar siswa. Menyimpan perolehan hasil belajar siswa merupakan kemampuan menyimpan isi pesan dan cara memperoleh pesan. Kemampuan menyimpan tersebut dapat berlangsung dalam waktu pendek dan waktu yang lama.
6) Menggali hasil belajar yang tersimpan. Menggali hasil belajar yang tersimpan merupakan proses mengaktifkan pesan telahterterima.
7) Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar. Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar merupakan suatu puncak hasil belajar. Pada tahap ini siswa membuktikan keberhasilan balajar, menunjukkan bahwa ia telah mampu memecahkan tugas-tugas belajar atau mentransfer hasil belajar.
8) Rasa percaya diri siswa.
9) Intelengensi dan keberhasilan belajar.
10) Kebiasaan belajar.
11) Cita-cita siswa.

Sedangkan untuk Faktor-faktor ekstern tersebut adalah sebagai berikut:

1) Guru sebagai Pembina siswa belajar.
2) Prasarana dan sarana pembelajaran.
3) Kebijakan penilaian
4) Lingkungan sosial siswa di sekolah.
5) Kurikulum sekolah.
Sedangkan ,Slameto di bukunya yang berjudul Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya menjelaskan beberapa faktor-faktor intern yang dapat mempengaruhi balajar yaitu :

1) Faktor jasmaniah
a. Faktor kesehatan, sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan beserta bagian-bagianya bebas dari penyakit.
b. Cacat tubuh, merupakan suatu yang menyebabkan kurang atau kurang sempurna mengenai tubuh/badan.

2) Faktor psikologis
a. Intelengensi, merupakan kecakapan yang terdiri tiga jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan diri kedalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui atau menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan mempelajarinya dengan cepat.
b. Perhatian, merupakan keaktifan jiwa yang dipertinggi dan jiwa itupun semata-mata tertuju kepada suatu objek.
c. Minat, merupakan kecenderungan untuk memperhatikan dan mengenal beberapa kegiatan. Kegitan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus yang di sertai dengan rasa senang.
d. Bakat, merupakan kemauan untuk belajar yang akan terealisasi menjadi kecakapan yang nyata.
e. Motif, merupakan daya pengerak atau pendorong untuk melakukan sesuatu.
f. Kematangan, merupakan suatu tingkah atau fase dalam pertumbuhan seseorang, dimana alat-alat tubuhnya sudah siap untuk melaksanakan kecakapan baru.

3) Faktor kelelahan
a. Kelelahan jasmani, terlihat dengan lemah lunglainya tubuh dan tumbuh kecenderungan untuk membaringkan tubuh.
b. Kelelahan rohani, terlihat dengan adanya kelesuan dan kebosanan, sehingga minat dan dorongan untuk menghasilkan sesuatu hilang.

Lebih jauh Slameto mengemukakan beberapa faktor ekstern yang dapat mempengaruhi balajar yaitu:

1) Faktor keluarga
a. Cara orang tua mendidik
b. Relasi antar anggota keluarga
c. Suasana rumah
d. Keadaan ekonomi
e. Pengertian orang tua
f. Latar belakang kebudayaan

2) Faktor sekolah
3) Faktor masyarakat

Para ahli pendidikan merupakan faktor intern dan faktor ekstern, seperti guru, administrator pendidikan, konselor, terlibat secara langsung dalam proses pendidikan di sekolah. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi belajar terdiri dari dua, yakni faktor intern dan faktor ektern.Faktor intern merupakan faktor yang berasal dari diri seorang siswa, sedangkan faktor ekstern terdiri dari guru, orang tua, sekolah, faktor jasmaniah, psikolog serta administrator pendidikan.

Bagikan di :

Tinggalkan Komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done