Pengertian Belajar - Catatan Anjos
Info Lainnya
Loading...

Minggu, 02 Juli 2017

Pengertian Belajar

Belajar bukan hanya sekedar tahu, menguasai ilmu dan menghafal semua teori yang dihasilkan orang lain, tetapi belajar merupakan proses berpikir. Slameto (2010:2) menyatakan bahwa,bBelajar adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Serta Hamalik (2001:27) menyatakan bahwa,Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or strengthening of behavior trough experiencing).

Menurut Amri (2013:24) belajar merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi yang relatif permanen atau menetap karna adanya interaksi individu dengan lingkungannya. Hal ini sesuai dengan Mudjiono (2009:190) yang mengemukakan, Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. sebagai tindakan, maka belajar hanya dapat dialami oleh siswa sendiri. Berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan amat tergantung pada proses belajar dan mengajar yang dialami siswa dan pendidik baik ketika para siswa itu di sekolah maupun di lingkungan keluarganya sendiri.

Selanjutnya menurut Tim Pengembang MKDP (2012:128) mengatakan bahwa Belajar merupakan suatu proses interaksi antara berbagai unsur yang berkaitan. unsur utama dalam belajar adalah individu sebagai peserta belajar, kebutuhan sebagai sumber pendorong, situasi belajar, yang memberikan kemungkinan terjadinya kegiatan belajar. dengan demikian, manifestasi belajar atau perbuatan belajar dinyatakan dalam bentuk perubahan tingkah laku.

Sedangkan menurut Hintzman dalam Amri (2013:39) mengatakan belajar ialah perubahan yang terjadi pada organisme disebabkan pengalaman tersebut yang bisa mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut. Hal ini senada dengan Dahar dalam Purwanto (2008:42) yang mengatakan bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang dapat diamati melalui kaitan antara stimulus dan respon menurut prinsip yang mekanistik.

Jadi, berdasarkan pengertian belajar di atas menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu, yang membawa perubahan tingkah laku karena pengalaman dan latihan, yang mencakup pengetahuan (kognitif), sikap dan nilai (afektif), dan keterampilan (psikomotor).

Bagikan di :

Tinggalkan Komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done